Selasa, 08 November 2011

manfaat daun seledri dalam kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Daun seledri oleh masyarakat Tiongkok tradisional sejak lama digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Daun seledri dapat menurunkan tekanan darah karena adanya kandungan Apigenin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Efek tersebut akan menjadi lebih besar berkat adanya komponen Pthalide yang dapat merilekskan pembuluh darah.
2. Dapan menurunkan kadar kolesterol darah
Daun seledri juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Hal ini dikarenakan daun seledri mengandung Fitosterol, yang sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Di samping berfungsi untuk mencegah kanker dan membentuk permeabilitas kulit yang baik. Seledri juga bermanfaat untuk memelihara kebersihan mulut dan kesehatan gigi terutama bagi lanjut usia.
3. Dapat sebagai obat turun panas
Masyarakat pedesaan telah lama memanfaatkan daun seledri sebagai obat untuk menurunkan panas dengan cara mengoleskan tumbukan daun seledri ke kepala anak yang terserang demam. Air perasan seledri yang mempunyai sifat mendinginkan dipercaya dapat mendinginkan kepala. Berdasarkan pengalaman beberapa orang, air perasan daun seledri dapat sekaligus menyuburkan dan menghitamkan rambut serta tidak mempunyai efek samping.
Untuk mendapatkan khasiat yang optimal, sebaiknya anda memiilih daun seledri yang warnanya terlihat masih hijau dan berjenis besar serta masih segar. Untuk menyimpannya usahakan bungkus dengan plastik lebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Untuk obat yang diminum, rebus 30-40 lembar daun seledri, lalu air rebusannya diminum. Jika anda suka jus, cukup dengan 3 – 5 tangkai dan sebaiknya dikombinasi dengan buah untuk mengurangi rasa langu serta diminum 2 kali sehari. Dalam keadaan mentah, Seledri dapat dikonsumsi sebagai lalapan. Sedangkan untuk pemakaian luar, giling daun seledri segar sampai halus, lalu turapkan pada bisul dan bagian tubuh yang meradang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar